Home » » Pengertian Blog, Fungsi, Tema, dan Jenis Blog

Pengertian Blog, Fungsi, Tema, dan Jenis Blog

Pengertian Blog, Fungsi, Tema, dan Jenis Blog
Jumlah pengguna blog di Indonesia semakin hari semakin bertambah pesat seiring dengan kemajuan teknologi Internet. Seperti yang dikutip Kompas.com, menurut Lembaga Riset Pasar e-Marketer, populasi netter (pengguna internet) di Indonesia mencapai 83,7 juta orang pada tahun 2014. Dalam hal jumlah pengguna internet, Indonesia merupakan peringkat ke-6 terbesar di dunia setelah Tiongkok, Amerika Serikat, India, Brazil, dan Jepang di peringkat 5. Pada tahun 2017, e-Marketer memperkirakan netter Indonesia bakal mengalahkan Jepang dengan pencapaian angka 112 juta orang. 

Dengan sedikit survei yang saya lakukan di atas, bisa dipastikan bahwa untuk saat ini akan banyak kita temui blog baru yang berasal dari Indonesia. Jumlahnya akan terus bertambah untuk setiap tahunnya bahkan setiap bulan. Tidak sedikit blog dari Indonesia yang sukses, namun tidak jarang pula mereka yang gagal dan terbengkalai perihal blog tidak terawat yang akhirnya di banned atau dihapus Google karena menjadi sampah. Saya merupakan salah satu dari mereka yang gagal, yaitu dengan membuat blog tanpa memiliki tema dan tujuan yang jelas. Untuk contoh blog tersebut bisa Anda lihat disini. Bagaimana, dapat Anda bayangkan bukan? Pengorbanan waktu, pikiran, dan tenaga menjadi sia-sia hanya karena kita tidak memahami dari awal tentang pengertian blog, fungsi, tema, dan jenis blog. Saya tidak ingin hal ini terjadi kepada Anda! Untuk itulah mari kita ulas satu persatu di posting pertama saya melalui Blog Cara Dhanny.

Pengertian Blog
Menurut Wikipedia, Blog kepanjangannya adalah Web Log, yaitu sebuah aplikasi berbasis web yang berisi kumpulan tulisan, gambar, dan video (biasa disebut posting) dengan topik tertentu yang dapat di akses oleh seluruh pengguna internet. Awal mula media blog dipopulerkan oleh Blogger.com milik Pyra Labs yang kemudian diakuisisi oleh pihak Google pada tahun 2002 akhir.

Fungsi dan Tujuan Blog
Fungsi dari blog bergantung pada tujuan awal si pengguna blog. Sehingga, antara fungsi blog dan tujuan blog, ini hampir sama (beda tipis). Perbedaanya adalah kalau untuk fungsi blog lebih cenderung ke proses, sedangkan tujuan blog merupakan hasil daripada proses .
Fungsi blog sangat beragam, mulai dari hanya sebagai catatan harian online (pengalaman), sebagai media kampanye politik, hingga blog digunakan sebagai media promosi perusahaan.
Tujuan blog, secara umum adalah untuk menghasilkan uang atau sebagai sumber pendapatan dengan cara yang berbeda namun tetap satu tujuan. Misal : Menjadi Publisher Google Adsense, Iklan Mandiri, Penulis Lepas, Menjual Produk, dan sebagainya. Namun ada pula blog yang tujuannya bukan karena uang. Contohnya forum atau komunitas.

Tema Blog
Hobi dari seorang Blogger (sebutan pengguna blog) juga dapat menentukan tema atau topik sebuah blog. Beragam jenis blog sering kita jumpai dengan tema yang berbeda. Misalnya Blog Politik, yaitu blog yang isinya bertema-kan politik, Blog Kesehatan yaitu blog yang mengulas bidang kesehatan, Blog Pendidikan yaitu blog yang berisi seputar dunia pendidikan, dan tentunya masih banyak lagi tema blog lainnya.

Jenis Blog
Menurut Bapak Herman Yudiono atau biasa dipanggil Kang Yudiono (Blogger Senior Indonesia pemilik situs Blogodolar), inilah 5 dari sekian banyak jenis blog yang wajib kita ketahui.  
1.    Blog Pribadi
Blog Pribadi adalah blog personal yang berisi pengalaman dan catatan harian dari pemilik blog yang dipublikasikan secara online. Blog ini tidak diprioritaskan untuk menghasilkan uang (monetisasi), tetapi hanya digunakan sebagai buah sarana diskusi dan sharing saja.

2.    Blog Perusahaan
Saat ini banyak perusahaan yang menambahkan blog didalam websitenya. Ini dikarenakan sifat blog yang lebih dinamis dan praktis daripada website. Blog pada sebuah perusahaan biasa difungsikan untuk memberi sebuah infomasi, pengumuman penting, launching produk atau jasa baru, dan interface (komunikasi dua arah) dengan pelanggannya. Bisa dibayangkan bukan seberapa penting peranan blog pada perusahaan?

3.    Blog Spam
Dari namanya sudah terlihat, bahwa blog ini tidak memperhatikan kualitas. Biasanya blog ini digunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab demi sebuah kepentingan. Sering kita jumpai komplain dari pemilik blog yang kontennya diambil (copy-paste) oleh blog semacam ini. Blog Spam tidak akan bertahan lama, apalagi kalau pemilik blog melaporkannya ke pihak DMCA (Digital Millenium Copyright Act), maka blog tersebut akan di banned Google. DMCA adalah lembaga hak cipta Amerika Serikat yang bertugas mengeksekusi hukum pelanggaran hak cipta di internet.

4.    Blog Otoritas
Blog ini di khususkan bagi anda yang serius ngeblog (istilah blogging dalam Bahasa Indonesia), sehingga menjadi ahli pada tema atau topik yang dibahas. Untuk mendapatkan pengunjung, blog otoritas ini tidak fokus pada sebuah mesin pencari, namun trafik bisa didapatkan melalui sosial media (sosmed) seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan sosmed lainnya.

5.    Blog Niche
Ini kebalikan dari Blog Otoritas. Blog Niche lebih fokus terhadap keyword (kata kunci) dalam mendatangkan pengunjung atau menaikkan trafik. Jadi, Blog Niche sangat bergantung pada mesin pencari (terutama Google) untuk mendatangkan pengunjung. Oleh karena itu dalam membuat Blog Nice, sangat disarankan untuk menguasai ilmu dan teknik SEO (Search Engine Optimization).

Setelah mengetahui Pengertian Blog, Fungsi, Tema dan Jenis Blog, tiba saatnya untuk memberi kesimpulan menurut pandangan saya pribadi.
Menurut saya, blog adalah rumah maya, yaitu rumah kita di dunia maya atau Internet. Dimana rumah tersebut harus kita rawat agar bisa dijadikan sebagai tempat belajar, toko online, tempat forum dan komunitas, serta masih banyak lagi. Blog melambangkan karakter dan kelebihan (ketrampilan/keahlian) dari si pemilik blog yang biasa kita sebut Author atau Admin. Namun jangan salah, pada umumnya Blog ini lebih dinamis daripada Website yang lebih cenderung statis.

Fungsi blog secara umum yakni sebagai sarana publikasi online yang bisa diatur sedemikian rupa oleh Author sesuai dengan kebutuhan dan disusun secara per-kategori.
Penting! Hobi (bidang yang disukai), ketrampilan (keahlian), dan tujuan awal ngeblog, merupakan tiga unsur penting yang mempengaruhi tema/topik dan jenis blog yang akan Anda bangun. Usia blog sangat bergantung pada 3 hal tersebut. Jadi, pikirkanlah secara matang sebelum Anda membuat blog, sehingga tidak menyesal dikemudian hari.
 
Demikian catatan saya mengenai Pengertian Blog, Fungsi, Tema dan Jenis Blog, semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin berencana membuat blog (Pemula). Bila ada kesalahan dan kekurangan silahkan disampaikan melalui kolom komentar.

0 komentar:

Posting Komentar